SECERCAH HARAPAN DI ZONA KEKERINGAN

sri martanto 12 September 2018 13:17:28 WIB

GIRIJATI-SIDASAMEKTA     Padukuhan Dringo merupakan satu dari empat padukuhan yang ada di Desa Girijati, wilayah ini memiliki 177 Kepala Keluarga yang terbagi dalam Lima Rukun Tetangga dan Satu Rukun Warga. Letak padukuhan Dringo yang berada di zona atas memiliki masalah klasik disaat musim kemarau seperti ini, tak heran jika setiap rumah mempunya bak penampungan air yang kapasitasnya mampu menampung hingga 5000 liter air.

Dulu Saat memasuki musim kemarau seperti ini masyarakat dihadapkan pada problematika tahunan yaitu air bersih, untuk mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat mengandalkan sumber air kali jambu yang debitnya sangat kecil. Namun seiring dengan berjalanya waktu, masyarakat mulai mencari solusi untuk mengatasi permasalahan air bersih, diantaranya dengan melakukan pengeboran untuk mencari sumber air guna memenuhi kebutuhan air bersih. Seperti di Rt 08 saat ini kebutuhan air bersih dapat terpenuhi dengan adanya sumur bor baru.

Dukuh Dringo mengatakan “Alkhamdulilah, dengan adanya inisiatif dari masyarakat sedikit demi sedikit permasalahan air bersih bisa mulai teratasi meskipun dengan sumber daya seadanya, dimulai dari Rt 08 yang sudah mempunyai sumur bor dan nanti akan kita lanjutkan pengembanganya ke wilayah-wilayah lain”pungkasnya lirih.

Dihubungi terpisah, Tri Suratman selaku pengelola air di Rt 08 mengatakan “Air dari sumur di Rt 08 ini meskipun debitnya berkurang akan tetapi nyatanya masih mampu untuk memenuhi kebutuhan warga Rt 08”paparnya. (TIMSIDA)

Komentar atas SECERCAH HARAPAN DI ZONA KEKERINGAN

Dwi Ogah cah Ngijo 12 September 2018 13:37:28 WIB
Alkhamdulillah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung